Kebiasaan Menghemat Kuota Internet

Kebiasaan Menghemat Kuota Internet
Kebiasaan Menghemat Kuota Internet
Kebiasaan Menghemat Kuota Internet - Dahulu, sebelum ada BlackBerry, pulsa senilai Rp20 ribu sampai Rp50 ribu rasanya cukup untuk sebulan. Tapi kedatangan perangkat semisal BlackBerry menjadikan kita mesti berlangganan paket BBM dengan pulsa hingga Rp100 ribu perbulannya. Kebiasaan ini terus berlanjut sampai saat ini, dimana pengguna smartphone Android, iOS, BB, maupun Windows Phone haruslah selalu terhubung Internet jika tak mau mati gaya. Dengan cenderung browsing, streaming, serta bermain game online yang tidak terkendali, Kita membutuhkan kuota Internet yang cukup banyak. Supaya kuota Internet tidak cepat habis, Cobalah kebiasaan berikut ini.

Matikan fitur auto-update serta auto-download

Android, iOS, serta platform smartphone yang lainnya biasanya dilengkapi dengan fitur auto-update aplikasi. Kami sarankan supaya Anda hanya memilih update aplikasi ketika terhubung dengan WiFi saja. Oleh karena itu, matikan fitur ini. Pada smartphone Android, AnKitada bisa menon-aktifkannya via menu settings yang ada di dalam aplikasi Google Play.

Selain pilihan auto-update aplikasi, sebaiknya kita juga mematikan fitur auto-download di aplikasi WhatsApp. Sebenarnya, dengan men-download gambar, pesan suara, ataupun video pada WhatsApp tidak menghabiskan kuota Internet yang banyak. Namun bila kita memiliki banyak grup WhatsApp yang mana biasanya banyak tersebar gambar serta video di dalamnya dan kita kerap men-download tiap pesan tersebut selama sebulan penuh, maka kuota Internet yang digunakan juga akan terakumulasi menjadi besar, dapat mencapai 100 MB.

Gunakan aplikasi pemantau kuota

Seluruh smartphone Android yang menggunakan OS 4.0 ke atas telah dilengkapi dengan fitur pemantau serta pembatas kuota Internet yang dapat ditemukan dalam menu data usage pada menu settings. kita bisa menggunakannya untuk dapat memantau dan membatasi jumlah penggunaan Internet bulanan kita.

Tetapi kita juga bisa menggunakan aplikasi ketiga seperti 3G Watchdog. Aplikasi ini memiliki fungsi serupa, yaitu untuk memantau serta membatasi pemakaian kuota Internet kita secara real-time yang terus menerus ter-update setiap detiknya. Kita pun bisa mengetahui aplikasi-aplikasi mana saja yang paling banyak membutuhkan kuota Internet.

Gunakan browser khusus untuk hemat data

Ternyata, aplikasi browser yang kita gunakan juga dapat memengaruhi pemakaian kuota Internet bulanan. Beberapa yang dapat kita coba yaitu Opera Max, Opera Mini, Opera Browser, serta Google Chrome. Browser tersebut mempunyai kemampuan untuk mengompres halaman website yang kita buka.

0 Response to "Kebiasaan Menghemat Kuota Internet"

Post a Comment